Pendidikan Islam selalu menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual seperti keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt dalam setiap proses pendidikannya serta menanamkan nilai-nilai spiritual tersebut ke dalam hati peserta didiknya agar mereka yakin bahwa nilai spiritual itulah yang akan menjadi dasar utama dalam menjalankan kehidupannya. Dengan demikian para peserta didik akan lebih mudah dalam beristiqomah untuk tetap berada di jalan yang benar dan dapat menjauhkan diri dari pebuatan maksiat kepada Allah Swt, mengetahui tujuan penciptaannya yaitu agar selalu beribadah dan menghambakan diri kepada Allah Swt serta berakhlak mulia, dan dapat bertindak sesuai dengan fitrah manusia yang telah Allah Swt tetapkan. Kecerdasan spiritual sangatlah berkaitan erat dengan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional bahkan kecerdasaan intelektual dan emosional tidak akan dapat seimbang tanpa diiringi dengan kecerdasan spiritual. Mengetahui besarnya manfaat kecerdasan spiritual bagi peserta didik dalam sebuah proses pendidikan maka perlu adanya sebuah metode dalam meningkatkan kecerdasan spiritualnya guna mempermudah dalam mencapai tujuan pendidikan Islam itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis library research. Sumber data primer pada penelitian ini adalah literature dan karya ilmiah yang terfokus langsung pada peningkatan kecerdasan spiritual. Berdasarkan data penelitian bahwa kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan yang dapat mengoptimalkan fungsi kecerdasan intelektual dan emosional dengan tanpa menafikan esensial kecerdasan intelektual dan emosional dalam pendidikan.
Copyrights © 2023