Pendidikan adalah penentu dalam perkembangan sebuah bangsa, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun politik. Dalam proses pendidikan guru adalah komponen yang sangat penting, ia berpengaruh besar terhadap pencapaian tujuan pendidikan. Guru adalah tenaga profesional yang memiliki tugas memberikan bimbingan, arahan, dan binaan kepada peserta didik. Sebagai tenaga profesional maka dibutuhkan kumpulan kecakapan dan keterampilan yang mendukung profesinya, hal tersebut disebut dengan kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan kompetensi guru pada lembaga pendidikan Islam yang memiliki kekhasan dibandingkan dengan lembaga pendidikan lainnya, khususnya tingkat sekolah dasar yang menekankan pada penanaman sikap dan karakter pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang dilakukan di SDIT Al Kawaakib, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer pada penilitian ini adalah hasil wawancara dengan Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru. Sumber data sekunder adalah dokumen sekolah dan artikel artikel jurnal yang berkaitan dengan tema penelitian. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kompetensi guru di SDIT Al Kawaakib terbagi menjadi empat kategori, yaitu kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial. Hal tersebut sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan oleh pemerintah dalam UU Guru dan Dosen nomor 14 tahun 2005 dan Permendiknas nomor 16 tahun 2007, hanya saja terdapat perbedaan pada detail subkompetensi dimana kompetensi guru di Al Kawaakib lebih menitikberatkan pada nilai nilai Islam di kompetensi inti guru, nilai nilai Islam menjadi landasan pada seluruh proses pendidikan, termasuk pada kompetensi guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023