Kondisi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini yang menghambat proses penerimaan peserta didik baru, sekolah swasta dituntut untuk mengerahkan strategi inovatifnya agar lembaga pendidikan swasta dapat terus eksis mempromosikan sekolah dan diminati orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara mendalam dan menyeluruh terkait strategi penerimaan peserta didik baru yang dilakukan di SMA 1 Perguruan Cikini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode in-depth interview. Berdasarkan hasil wawancara didapatkanlah bahwa strategi dengan analisis SWOT dikerahkan untuk menghasilkan sebuah strategi yang tepat guna sesuai dengan kondisi pandemi. Pemanfaatan luas lahan sekolah dan kerjasama dalam program vaksinasi menjadi kunci kesuksesan promosi penerimaan peserta didik baru. Peningkatan yang cukup signifikan terkait jumlah penerimaan peserta didik baru selama kurun waktu 3 tahun terakhir, bahkan hingga dua kali lipat jumlah penerimaan di tahun sebelumnya. Padahal tahun 2020 dan 2021 merupakan tahun yang cukup sulit untuk bisa melakukan promosi sekolah karena terhambat pandemi yang menimpa seluruh dunia khususnya di Indonesia. Padahal pesaing lainnya yakni SMA swasta lainnya yang ada di daerah Jakarta selatan khususnya terdapat lebih dari 50 sekolah dengan nilai akreditasi A.
Copyrights © 2022