COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 6, No 1 (2023)

Upaya guru dalam penguatan karakter disiplin dan sopan santun pasca pandemi covid-19 pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Sulistiani Ianatus Sholikha (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia)
Ermawati Zulikhatin Nuroh (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penting seorang pendidik berupaya untuk penguatan pendidikan karakter disiplin dan sopan santun pasca pandemi Covid-19 pada peserta didik pada saat usia dini dengan menerapkan nilai-nilai yang terkadung dalam pendidikan karakter sehingga nantinya akan menjadikan peserta didik berjiwa karakter sejalan dengan memberikan aturan-aturan atau sanksi jika ada yang melakukan pelanggaran terhadap suatu aturan yang telah diterapkan dengan itu peserta didik akan mendapatkan efek jera untuk tidak mengulangi kembali yang akan nantinya akan menjadikan peserta didik patuh terhadap suatu peraturan dan akan membentuk karakter siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Melalui penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam penguatan pendidikan karakter disiplin dan sopan santun pasca pandemi Covid-19 pada peserta didik di sekolah SD Negeri Kalisampurno 1 Tanggulangin. Upaya guru bisa dikatakan baik dalam penguatan karakter didiplin dan sopan santun. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode study kasus pendekatan deskriptif . Dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam penguatan karakter disiplin dan sopan santun pasca Covid-19 pada kelas V di SDN Kalisampurno 1 Tanggulangin Sidoarjo terlaksana dengan baik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...