COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 6, No 1 (2023)

Kajian implementasi model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial Siswa Sekolah Dasar

Ghany Taufik Sidik (IKIP Siliwangi, Indonesia)
Euis Eti Rohaeti (IKIP Siliwangi, Indonesia)
Sukma Murni (IKIP Siliwangi, Indonesia)
Ryan Dwi Puspita (IKIP Siliwangi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana implementasi model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial kelas IV jenjang sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kajian kepustakaan. Adapun Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Kemudian Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa daftar  klasifikasi bahan penelitian dan format catatan dari suatu penelitian. Hasil penelitian ini yakni model Problem Based Learning pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial jenjang kelas IV jenjang sekolah dasar mendapat respon positif dari guru dan siswa secara signifikan. Sehingga terbukti model Problem Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan keaktifan guru dan keaktifan siswa yang menimbulkan peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...