Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 6 No. 4 (2021): Desember

Tanggapan dan Kendala Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring serta Harapannya Pada Pembelajaran dan Praktikum selama Pandemi Covid 19

Nur Rokhimah Hanik (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Tri Wiharti (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2021

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 kegiatan pembelajaran online  dilakukan untuk mengganti kegiatan pembelajaran secara langsung. Banyak kendala dalam pembelajaran onlinepun terjadi, antara lain gangguan sinyal, kurang focus dalam belajar, kurangnya tatap muka dengan dosen, quota internet mahal, dll. Oleh sebab itu perlu dilakukannya evaluasi terhadap sistem pembelajaran daring khususnya dilingkungan program studi pendidikan biologi di FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, yang hasilnya bisa menjadi dasar dan kebijakan pelaksanaan pembelajaran dan praktikum pada semester atau tahun akademik berikutnya selama masa Pandemi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. untuk mengetahui tanggapan mahasiswa pendidikan Biologi terhadap pembelajaran daring selama  kondisi pandemik Covid 19. 2. Untuk mengetahui macam-macam kendala yang dihadapi mahasiswa selama pembelajaran daring dan  3. Untuk mengetahui harapan mahasiswa terhadap pembelajaran dan praktikum  selama  pandemik Covid 19. Tempat penelitian di program studi pendidikan Biologi. Waktu penelitian dimulai pada bulan Mei sampai Agustus 2021. Subyek penelitian semua mahasiswa aktif pendidikan Biologi FKIP  Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Jenis penelitian diskriptif kwalitatif, tehnik pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket, dan tehnik analisis data dengan diskriptif kwalitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Pembelajaran di prodi pendidikan Biologi selama pandemi Covid 19   dilaksanakan secara daring, dengan aplikasi yang sering digunakan adalah google meet. Pembelajaran daring dapat terlaksanakan dengan efektif karena Dosen  bisa hadir dalam pembelajaran sebanyak 80-100% atau rata -rata 14 kali. 2. Kendala yang dihadapi mahasiswa selama pembelajaran daring paling sering adanya gangguan sinyal, yang akan mengganggu kejelasan gambar, suara, maupun putus nyambungnya dalam mengikuti pembelajaran daring 3. .Harapan mahasiswa selama pandemi untuk perkuliahan tetap dilaksanakan sesuai jadwal, dan praktikum harus dilaksanakan, dengan diawali asistensi. Praktikum bisa dilaksanakan  di laboratorium maupun di rumah dengan modifikasi alat. Masih perlu dilaksanakan penelitian sejenis dengan menambah indikator kendala pembelajaran daring sehingga hasil penelitian lebih uptimal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...