Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 2b (2022): Juni

Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran PJOK Via Daring di Era Pandemi Covid-19

Nur Rahmah (Universitas Mataram)
Safruddin Safruddin (Universitas Mataram)
Heri Hadi Saputra (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
14 May 2022

Abstract

Dunia pendidikan saat ini menghadapi permasalahan yang cukup kompleks akibat penyebaran virus corona atau yang biasa di kenal dengan covid-19. Oleh karena itu, pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mencegah penyebaran penyakit ini, salah satunya yaitu kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 yang mengatur tentang proses belajar mengajar di rumah, yaitu pembelajaran via  daring/jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan guru pada pembelajaran PJOK via daring di era pandemi covid-19. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah  deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yaitu model alir dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan dalam merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi. Adapun kesulitan yang dihadapi oleh guru yaitu: (1) Kesulitan dalam memilih jenis penilaian; (2) Kesulitan dalam menjelaskan materi (3) Kesulitan dalam mengevaluasi siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...