Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 3 (2022): September

Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA

Al Fiyatoen Sevtia (Universitas Mataram)
Muhammad Taufik (Universitas Mataram)
Aris Doyan (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2022

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam pengembangan ini ditujukan dalam rangka menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Google Sites khususnya dalam hal pembelajaran fisika guna meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritis peserta didik SMA yang valid, efektif dan efisien. Desain penelitian menggunakan model 4D berupa Design, Define, Disseminate, dan Develop. Dengan media pembelajaran berbasis Google Sites sebagai produk yang diinovasi atau dikembangkan. Instrument tes, lembar validasi, dan angket respon digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Penilaian validitas produk dilakukan oleh validator ahli media dan ahli materi yang masing-masing berjumlah tiga dan menggunakan skala likert sebagai cara analisisnya. Efektifitas produk dianalisis menggunakan uji N-Gain sedangkan efisiensi diperoleh dari angket respon yang disebarkan melalui Google Form. Hasil penilaian validator menunjukkan validitas keseluruhan media yang dikembangkan dengan rata-rata nilai persentase 93,9% dan 95% dengan kriteria valid. Hasil rata-rata untuk kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritis dengan uji N- Gain masuk dalam kategori sedang karena mengalami peningkatan sebesar 0,61 dan 0,66. Hasil efisiensi pengembangan media pembelajaran dapat dilihat dari angket respon yang diberikan kepada peserta didik menunjukan nilai sebesar 85,9% dengan kriteria sangat efisien. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran fisika berbasis Google Sites untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritis peserta didik SMA valid, efektif dan efisien.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...