Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 4 (2022): Desember

Kemampuan Mengonstruksi Teks Negosiasi Siswa Kelas X IPS 2 MA NW AIK AMPAT

Anita Sapinatun Naza (Universitas Mataram)
Siti Rohana Hariana Intiana (Universitas Mataram)
Suyanu Suyanu (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2022

Abstract

Kemampuan mengonstruksi terdengar seperti hal yang baru pada kurikulum 2013, pada hakikatnya pengertian mengonstruksi berasal dari kata dasar “konstruksi” yang berarti susunan (model, tata letak), kata pengonstruksian berarti proses, cara, perbuatan mengonstruksi. Jadi dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa mengonstruksi adalah membangun/ membentuk/menyusun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengonstruksi teks negosiasi siswa kelas X IPS 2 MA NW AIK AMPAT berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan, adapun aspek yang dinilai orientasi, permintaan, penawaran, persetujuan dan penutup, sedangkan aspek kaidah kebahasaan terdiri atas aspek partisipan dan kata sapaan, pasangan tuturan, kalimat deklaratif dan kalimat interogatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS 2 MA NW AIK AMPAT yang berjumlah 17 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes/penugasan. Berdasarkan hasil dan pembahasan menunjukkan siswa kelas X IPS 2 MA NW AIK AMPAT berdasarkan aspek struktur berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 70,58. Pemerolehan skor 90 ke atas  sebanyak 3 orang dengan kategori sangat baik, hanya satu orang yang memperoleh skor 79-90 dengan kategori baik, ada 5 siswa yang memproleh nilai 70 dengan kategori cukup dan ada 8 siswa yang memperoleh nilai 67 kategori kurang. Selanjutnya berdasarkan aspek kaidah kebahasaan, hanya ada satu siswa yang memperoleh skor di atas 90 dengan kategori sangat baik, ada 6 siswa yang memperoleh nilai di atas 78 dengan kategori baik, lalu ada 6 siswa yang memperoleh nilai di bawah 66 dengan kategori kurang. Berdasarkan aspek struktur dan kaidah kebahasaan maka dapat disimpulkan kemampuan mengonstruksi teks negosiasi siswa kelas X IPS 2 MA NW AIK AMPAT berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 71 dan siswa dapat mengonstruksi teks negosiasi dengan cukup baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...