Penelitian ini diadakan dengan latar belakang adanya kesenjangan antara tujuan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan rendahnya hasil belajar siswa. Dimana tujuan SMK adalah untuk memberikan bekal kemampuan siap kerja kepada siswa sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan persyaratan yang dianut oleh dunia industri dan dunia kerja, namun pada kenyataannya masih banyak siswa SMK belum mengusai kompetensi yang seharusnya dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan prosedur pengembangan dan bentuk E-modul Interraktif Pembelajaran Gambar Teknik untuk Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan serta mengetahui kelayakan dari e-modul yang dikembangkan. Penelitian pengembangan e-modul ini termasuk jenis Research and Development atau R&D yang akan menghasilkan sebuah produk. Penelitian pengembangan e-modul ini menggunakan model ADDIE dimana terdapat beberapa proses kegiatan dan tahapan pengembangan, diantaranya adalah Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. E-modul ini melalui proses validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran dengan hasil kevalidan yang diperoleh adalah dengan kriteria “Sangat valid”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 3 Tebo yang terdiri dari ujicoba perorangan, ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba kelompok besar dengan hasil yang dapat disimpulkan dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil validasi dan ujicoba yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa E-modul Interaktif Pembelajaran Gambar Teknik Berbasis Keterampilan Kreatif untuk Siswa SMK yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Copyrights © 2022