Kualitas perkembangan anak khususnya perkembangan kognitif sangat ditentukan oleh stimulasi yang diperolehnya sejak dini. Anak membutuhkan stimulasi yang tepat yakni melalui bermain ataupun aktivitas yang menyenangkan seperti permainan Busy Book. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media permainan untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak secara maksimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development dengan tujuan untuk mengembangkan media permainan Busy Book untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Metode pengumpulan data adalah observasi, pembagian angket dan dokumentasi dengan teknik analisis kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah terbuatnya media pembeljaran Busy Book dengan penerapan menggunakan media busy book. Media busy book ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak yang dapat dilihat berdasarkan hasil penelitian tahap pengembangan I berada pada kategori mulai terlaksana dengan skor 48% untuk pelaksanaan permainan dengan kemampuan kognitif sebesar 55%. Pada pengembangan II pelaksanaan permainan Busy Book meningkat menjadi 61 % dan berada pada kategori terlaksana dengan baik dengan kemampuan kognitif anak sebenar 60% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Busy Book dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Islam Raudhatul Mahabbah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023