Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 2 No. 3 (2022): September-Desember 2022

PENERAPAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNADAKSA DI SD NEGERI 49 KOTA TERNATE

Adelia Safitri (Universitas Khairun Ternate, Kota Ternate, Indonesia)
Hasbila Rajiman (Universitas Khairun Ternate, Kota Ternate, Indonesia)
Lismawanti Dingomaba (Universitas Khairun Ternate, Kota Ternate, Indonesia)
Rahayu R Husain (Universitas Khairun Ternate, Kota Ternate, Indonesia)
Wilda Syam Tonra (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Anak tunadaksa merupakan jenis anak berkebutuhan khusus yang terdapat kekurangan dalam hal fisik. Salah satunya ialah kebutuhan akan keterampilan, berkomunikasi, berinteraksi serta bersosialisasi dengan anak normal lainnya. Akan tetapi anak tunadaksa sering kali merasa tidak percaya diri karena memiliki keterbatasan fisik. Hal ini membuat tim peneliti melakukan observasi di SD NEGERI 49 KOTA TERNATE dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak yang berkebutuhan khusus dengan menggunakan teknik modelling. Teknik modeling bertujuan untuk mempelajari perilaku baru dengan mengamati model dan mempelajari keterampilannya menurut Hutomono (dalam Erfantini, I.H dkk: 2019). Sedangkan menurut Jones (dalam Liza, W.l: 2020) Modeling merupakan teknik untuk mengajari si pengamat keterampilan dan aturan perilaku. Keywords: Teknik Modelling. Kepercayaan Diri. Anak Tunadaksa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...