Guru merupakan sosok yang menjadi teladan, baik dari segi pengetahuan maupun kepribadian bagi peserta didiknya. Maka dari itu, guru tidak hanya dituntut untuk menguasai ilmu yang akan diajarkan, memiliki pengetahuan dan keterampilan mengajar, tetapi guru juga dituntut untuk memiliki akhlak, karakter dan kepribadian yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya sekolah dan guru Dalam Mewujudkan Sekolah Berkarakter Maja Labo Dahu. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 1 Donggo yaitu; (a) sebagi pendidik guru peran untuk membagun karakter yang baik dan memberikan bantuan dan dorongan terhadap aturan-aturan sekolah yang saling menghormati, (b) sebagai teladan yaitu, guru menjadikan dirinya sebagai panutan dan contoh bagi siswanya, (c) sebagai motivator yaitu, guru harus memiliki kemampuan dalam membangkitkan semagat, kehuhuran, etos kerja, dan potensi yang luar biasa dalam diri siswa; (d) sebagai pengajar yaitu, guru harus memberikan pengetahuan, keterampilan pada siswa yang ada di sekolah. Selain itu, peran sekolah dalam pendidikan karakter maja labo dahu pada siswa: (a) sebagai manajer yaitu penentu kebijakan yang mampu mengakomodir seluruh kebutuhan siswa terkait pendidikan karakter; (b) pemimpin yaitu,memberikan petunjuk dan pengawasan, kemampuan mengambil keputusan, dan kemampuan berkomunikasi; (c) mendorong semua guru dan karyawan untuk menjadi model karakter yang baik bagi semua siswa
Copyrights © 2022