Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman
Vol 9 No 2 (2023): Januari

Teknik Self-Management pada Layanan Konseling untuk Peningkatan Kedisiplinan Siswa

Ahmad Khoirul Umam Umam (INSUD LAMONGAN)
Muhimmatul Hasanah (Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan)
Musbikhin (Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

Abstract: This research was conducted to determine the influence of Counseling Services with Self-Management Techniques in improving the discipline of MTs. Sunan Drajat Lamongan students. Student Discipline is the attitude or behavior of students who obey and obey the rules in the school and carry out their duties with full awareness. This research uses quantitative experimental methods with research designs in the form of Quasi Expermental Design. Sampling technique with Purposive Sampling, with 16 study subjects. The data analysis technique in this study is the Mann Whitney U-Test. The results of the analysis show a significant influence of Counseling Services with Self-Management Techniques in improving student discipline. Data analysis showed that before treatment, the experimental group and the control group had the same level of discipline, namely Z = -,317; Asymp. Sig.= ,751. and after being given treatment, a value of Z = -2.371 was obtained; Asymp. Sig.= ,001. From the results of the analysis, it can be concluded that Counseling Services with Self-Management Techniques are effective in improving student discipline. Keywords : Discipline, Self Management, Student Abstrak : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling dengan Teknik Self-Management dalam meningkatkan kedisiplinan siswa MTs. Sunan Drajat Lamongan. Kedisiplinan Siswa merupakan sikap atau tingkah laku siswa yang taat dan patuh akan peraturan yang ada di sekolah dan menjalankan kewaibannya dengan penuh kesadaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian yang berbentuk Quasi Expermental Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan subjek penelitian yang berjumlah 16 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Mann Whitney U-Test. Hasil dari analisis menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dari Layanan Konseling dengan Teknik Self-Management dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Analisis data menunjukan bahwa sebelum diberikan perlakuan, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki tinhgkat kedisiplinan yang sama, yaitu Z = -,317; Asymp. Sig.= ,751. dan setelah diberikan perlakuan, diperoleh nilai Z = -2,371; Asymp. Sig.= ,001. dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Layanan Konseling dengan Teknik Self-Management efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Keywords : Kedisiplinan, Self-Management, Siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

murabbi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

AL-MURABBI : Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, ISSN : 2540-7619 (online) , ISSN : 2406-775X (printed) adalah peer-review jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron, Ngawi, Jawa Timur. Jurnal ini terbit 2 kali dalam ...