Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol. 4 No. 1 (2023): Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas XII Agama MAN 1 Gresik

Sholihah, Hilmiyatus (Unknown)
Huda , Hisbullah (Unknown)
Nisa, Khoirun (Unknown)
Alfin Nafidzatur Rifqiyah, Nur (Unknown)
Alyatus Syafa’ah, Ajeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Agama di MAN 1 Gresik dalam pembelajaran bahasa Arab dengan mengimplementasikan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam pembelajaran. Dengan mengimplementasikan model Jigsaw ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Agama MAN 1 Gresik yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Agama MAN 1 Gresik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus, yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 12,12 % meningkat menjadi 69,69% pada siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tatsqifiy

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Tatsqify: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab is a peer-reviewed journal on Arabic education. This journal is published by Djuanda University Bogor. Editors welcome scholars, researchers and practitioners of Arabic Education around the world to submit scholarly articles to be published through this ...