Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pra eksperimental. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dan mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah pembelajaran dengan model pembelajaraan kooperatif tipe STAD. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini ada siswa kelas tinggi SD Inpres 6/75 TA yang berjumlah 40 orang,dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan setelah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas tinggi SD Inpres 6/75 TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone
Copyrights © 2023