Global Journal Basic Education
Vol 2 No 1 (2023): Februari

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD

Firdaus, Firdaus (Unknown)
DH, Satriani (Unknown)
Suhardi, Kirana Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pra eksperimental. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dan mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah pembelajaran dengan model pembelajaraan kooperatif tipe STAD. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini ada siswa kelas tinggi SD Inpres 6/75 TA yang berjumlah 40 orang,dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan setelah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas tinggi SD Inpres 6/75 TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...