Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 5 No 1: Februari (2023)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDIT TAKWA CENDEKIA MAKASSAR

Nur Asyiah Bulqist Rahman (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Usman Usman (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Muh. Rapi (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Fajri Basam (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yang menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDIT Takwa Cendekia Makassarpada tema "Makanan Sehat", subtema "Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?". Pengembangan LKPD Mata Pelajaran IPA menggunakan jenis penelitian Design andDevelopment (D&D) dengan mengacu pada model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan & Sammel, yaitu: (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (develop), dan (4) tahap penyebaran (disseminate) yang dilakukan di kelas V SDIT Takwa Cendekia Makassar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli, tes hasil belajar dan angket respon guru. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kevalidan, analisis data keefektifan dan analisis data kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDIT Takwa Cendekia Makassar memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata 3,0. Sedangkan untuk kepraktisan LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Sedangkan untuk kepraktisan LKPD yang diperoleh dari angket respon guru terhadap LKPD dengan nilai rata-rata 3,05 dianggap praktis. Untuk uji keefektifan LKPD diperoleh nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar sebesar 89,42% berada pada kategori sangat tinggi dan tuntas secara klasikal, sehinggan produk LKPD yang dikembangkan efektif terhadap hasil belajar IPA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...