MUNTAZAM: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Vol 3 No 02 (2022): MUNTAZAM Volume 03 Nomor 02 Tahun 2022

MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI AGEN PERUBAHAN DALAM MEWUJUDKAN MODERASI BERAGAMA DI SMP ISLAM TERPADU AL-HUDA KOTA SUKABUMI

Deti Rostini (Universitas Islam Nusantara Bandung)
Kakay Karyana (Universitas Islam Nusantara Bandung)
Muhammad Faiz Habibi (Universitas Islam Nusantara Bandung)
Yuyun Yuningsih (Universitas Islam Nusantara Bandung)
Asan Azhari (Universitas Islam Nusantara Bandung)
Yuniawati (Universitas Islam Nusantara Bandung)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Tujuan penilitan ini untuk mengetahui bagaiaman manajemen kepala sekolah sebagai agen perubahan dalam mewujudkan moderasi beragama di SMP Islam Terpadu Al-Huda Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMP Islam Terpadu Al-Huda telah mewujudkan moderasi beragama secara implisit dan efektif dengan cara membuat program yaitu (1) Teacher Day (pengajian khusus guru-guru),(2) kelas Tahsin, (3) Keputrian. Bentuk manajemen yang digunakan SMP Islam Terpadu Al-Huda dalam mewujudkan moderasi beragama yakni Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian. Kata Kunci:. Manajemen, Kepala Sekolah, Moderasi Beragama

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

muntazam

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Muntazam : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Muntazam berfokus pada pengembangan studi manajemen pendidikan Islam yang dilakukan melalui riset pustaka dan riset lapangan.  Ini ...