DIMASATRA
Vol 3, No 1 (2022): OKTOBER

PENGUATAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU-GURU BAHASA INDONESIA KABUPATEN BANDUNG BARAT

Sitaresmi, Nunung (Unknown)
Cahyani, Isah (Unknown)
Sulistyaningsih, Lilis Siti (Unknown)
Iskandar, Denny (Unknown)
Fauzy, Eka Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2023

Abstract

Perpaduan antara masalah wabah Pandemi Covid-19 dan kebutuhan penguasaan literasi digital dalam pembelajaran daring menjadi problematik yang cukup krusial sebab berkaitan erat dengan pendidikan. Pendidik, khususnya guru bahasa Indonesia, dipaksa untuk mampu beradaptasi secepat mungkin dalam melakukan inovasi dan penyesuaian dalam pembelajaran daring. Berdasarkan kondisi dan kebutuhan tersebut, kegiatan berupa pengabdian yang menyasar langsung pada pendidik perlu dilakukan. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan penguatan literasi dalam pembelajaran daring bagi guru-guru bahasa Indonesia di Kabupaten Bandung Barat. Dalam merealisasikan tujuan tersebut, pengabdian ini dikemas dalam bentuk seminar dan lokakarya secara daring melalui platform digital Zoom Meeting. Sasaran kegiatan pengabdian ini merupakan guru-guru bahasa Indonesia yang tergabung dalam MGMP Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Bandung Barat. Berdasarkan respons peserta, pengabdian ini memberikan dampak positif berupa peningkatan pemahaman para peserta terkait pembelajaran literasi bahasa Indonesia secara daring dan peningkatan kompetensi dalam hal pemanfaatan media pembelajaran berbasis digital.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dimasatra

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

DIMASATRA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat memuat kajian terkait pengabdian masyarakat dari berbagai bidang ilmu. Ruang lingkup jurnal ini di antaranya meliputi Knowledge Transfer for Community Development, Pendidikan kemasyarakatan, Aktualisasi Kearifan dan Budaya Lokal, Transfer Teknologi bagi ...