Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 6, No 01 (2023): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH BERBASIS PESANTREN DI MI AL-KHUDAMAT SUMEDANG

Badrudin Badrudin (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Firgiawan Rangga Saputra (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Linda Tazkiyatul Munawaroh (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Hidayat Hidayat (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
M Sidiq Jaelani (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat cepat menyebabkan pergeseran moral anak-anak sangat mudah terpengaruh dengan perilaku negatif. Pendidikan Agama menjadi sebuah usaha untuk menjaga anak-anak dari terpengaruhinya oleh perilaku yang dilarang oleh Agama. Pelaksanaan Pendidikan Agama selalu dikaitkan dengan madrasah dan pesantren, kedua tempat tersebut menjadi kunci keberhasilan anak yang seimbang antara tujuan dunia dan akhirat. Madrasah dan pesantren sudah seharusnya terintegrasi dalam suatu lembaga sehingga pembelajaran bisa secara penuh dalam membentuk akal dan akhlak yang baik. Oleh karena itu artikel ini mendeskripsikan manajemen kurikulum madrasah berbasis pesantren yang mana dalam hal ini madrasah Ibtidaiyah al-Khudamat menjadi objek kajian penelitian. Hal yang menjadi focus kajiannya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian dan evaluasi kurikulum madrasah tersebut. Melalui observasi wawancara dan dokumentasi diperoleh bahwa madrasah ibtidayiah al-Khudamat melakukan manajemen kurikulum madrasah diintegrasikan dengan pesantren yang dikelola dengan baik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education

Description

Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi ...