Metodik Didaktik
Vol 18, No 2 (2023): Metodik Didaktik Januari 2023

Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka

Marwa, Neneng Widya Sopa (Unknown)
Usman, Herlina (Unknown)
Qodriani, Baina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Kurikulum Merdeka yang akhir-akhir ini dicanangkan oleh Kemendikbudristek, memberikan warna baru dengan munculnya mata pelajaran baru yaitu Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Hadirnya IPAS sebagai mata pelajaran baru menimbulkan banyak persepsi khususnya di kalangan guru. Maka dari itu, peneliti merasa perlu meneliti lebih lanjut mengenai persepsi guru sekolah dasar terhadap mata pelajaran IPAS yang terdapat pada Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 20 orang guru yang berasal dari dua sekolah dasar yang berada di Kota Jakarta Timur dan Kota Bekasi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sekolah dasar memberikan respon yang positif terhadap mata pelajaran IPAS yang terdapat pada Kurikulum Merdeka. IPAS dianggap berdampak positif karena dapat mengurangi beban guru dalam mengejar materi sehingga guru memiliki banyak waktu untuk mengeksplorasi bebagai model dan metode pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa guru dinilai telah siap untuk melaksanakan pembelajaran IPAS di sekolah dasar, yang dibuktikan dengan perencanaan, implementasi dan penilaian yang telah disusun secara matang.

Copyrights © 2023