Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 1: Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023

Efektivitas Pendekatan Open-Ended pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS Matematis Siswa SMP

M. Ihsan Mulyawan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yani Setiani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Cecep Anwar Hadi FS (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Kemampuan berfikir matematis siswa SMP yang rendah menyebabkan diperlukannya model pembelajaran yang tepat menjadi latar belakang dalam riset kali ini. Pendeketan open ended menjadi opsi yang dipercaya mampu memberikan pengaruh pada kemampuan berpikir matematis pada siswa. Tujuan penelitiannya adalah untuk melihat efektifitas pendekatan Open-Ended pada mata pelajaran Matematika dalam peningkatan High Order Thinking Skill (HOTS) siswa SMP. Pra-ekperimental dengan jenis one grup Pretestt - Posttest design menjadi metode penelitian ini. Data VII SMP Negeri 1 Majasari tahun ajaran 2021/2022 menjadi populasi dimana data kelas VII B menjadi sampel penelitian ini yang akan dijadikan data Pretestt dan Posttest data berjumlah 30 siswa. instrumen tes kemampuan berpikir HOTS matematis menjadi insstrumen yang akan dipakai. Hasil riset mengungkap bahwa pencapaian post tes lebih baik dibandingkan data pretest dalam hal kemampuan berpikir tinggi (HOTS).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...