JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 7 No 2 (2022): September 2022 - February 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN RUBIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Shodikin, Ali (Unknown)
Rahayu, Tri Retno (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) berbantuan alat peraga rubik terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental pretes-postes dan kelompok kontrol tidak acak. Penelitian ini melibatkan 70 siswa SMP di Kabupaten Lamongan. Analisis menggunakan teknik kuantitatif dengan uji statistik inferensial parametrik. Hasil pengujian menggunakan uji-T menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) atau Pvalue = 0,000 ? 0,05, dan pada thitung = 4,076 > ttabel = 1,995. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS berbantuan alat peraga rubik dibandingkan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) berbantuan alat peraga rubik terhadap prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and ...