Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 6, No 1 (2023): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

The Influence of Problem-Based Learning Models on Students' Critical Thinking Skills on The Theme of Technology Development Class III Elementary School

Benedikta Sihombing (Unknown)
Rumiris Lumban Gaol (Unknown)
Ester Julinda Simarmata (Unknown)
Patri Janson Silaban (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada perkembangan teknologi kelas 3 SD dharma wanita Pertiwi Medan tahun pembelajaran 2021-2022 pada penelitian ini. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif populasi penelitian ini seluruh kelas 3 SD dharma wanita Pertiwi Medan yang terdiri satu kelas dengan jumlah 30 siswa pengambilan sampel dengan menggunakan sampel purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 30 siswa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah termasuk kategori yang sangat baik dengan rata-rata 83 hasil koefisien korelasi sebesar 0,618 artinya terhitung 0,618 lebih besar dari tabel maka ha diterima maka terdapat pengaruh yang sangat kuat antara model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas 3 SD dharma wanita Pertiwi dapat juga dilihat dari hasil pengujian uji teh di mana teh hitung lebih besar daripada t tabel yaitu 4,159 lebih besar dari 1,701 sehingga menyatakan bahwa diterima hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada tema perkembangan teknologi kelas 3 SD dharma wanita Pertiwi Medan tahun pembelajaran 2021 2022

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...