Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 6, No 1 (2023): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Efforts to Increase Students' Learning Outcomes on The Theme of The Rich of My Country Through The Cooperative Script Model in Class IV Elementary School

Jenti Mariani Hutasoit (Unknown)
Rumiris Lumban Gaol (Unknown)
Juliana Juliana (Unknown)
Patri Janson Silaban (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran cooperative script dengan tema kayanya negeriku di kelas IV SD swasta dharma wanita medan tahun ajaran 2021/2022 subjek penelitian ini adalah 24 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik yang digunakan oleh penelitian dalam mengumpulkan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran cooperative script. hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan pada siswa pretest (tes awal) atau yang mendapat nilai tuntas 9 siswa (37%) sedangkan 15 siswa (63%) yang mendapat nilai tidak tuntas, dengan rata-rata hasil belajar 50,04. Pada post test siklus I meningkat menjadi 10 siswa (42%) yang tuntas sedangkan 14 siswa (58%) yang tidak tuntas dengan rata-rata hasil belajar 62,25%. Pada post test siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 20 siswa (83%) yang tuntas dan 4 siswa (17%) mendapat nilai tidak tuntas dengan rata-rata hasil belajar 75,70. Selanjutnya dari hasil observasi kegiatan guru dalamĀ  melaksanakan pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 78% dan observasi terhadap kegiatan siswa diperoleh rata-rata 68 pada siklus II hasil observasi guru meningkat menjadi 89% ( sangat baik)

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...