JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Vol 8, No 1 (2022): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Pengembangan Interactive Digital Comic Menggunakan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Yani Supriani (Universitas Serang Raya)
Giyanti Giyanti (Universitas Serang Raya)
Zuyyin Syafana (Universitas Serang Raya)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitan ini dibuat bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Interactive Digital Comic pada materi operasi aljabar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VII dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan peneliti. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan aplikasi Canva untuk mendesain komik dan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation) dengan hasil penelitian yang diperoleh dan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Interactive Digital Comic layak digunakan dengan tingkat kelayakan ahli materi memperoleh nilai 94% dengan kriteria “Sangat Baik”, ahli media memperoleh nilai 86% dengan kriteria “Sangat Baik”. Nilai rata-rata indeks gain adalah 0,46 termasuk ke dalam kategori sedang. Terdapat peningkatan yang signifikan dari sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Interactive Digital Comic pada materi operasi aljabar di SMP N 21 Kota Serang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), ISSN 2477-2348 for Print version and ISSN 2477-2348 for Electronics version, is the official publication of Universitas Indraprasta PGRI. The scope of the journal includes all issues in the field of Mathematics ...