EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023): February

Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Sekolah Alam di SD Alam Lukulo Kebumen

Tahmid Miftachurrozaq (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Hendro Widodo (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2023

Abstract

Munculnya sekolah alam dilatarbelakangi dengan adanya gagasan tentang penciptaan sistem belajar mengajar yang menyenangkan dan mampu mencapai kebahagiaan yang menimbulkan capaian kecerdasan natural menjadikan nomor terdepan sehingga mampu untuk menarik daya minat peserta didik guna mengasah kemampuan dan minat bakatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui integrasi Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum Sekolah Alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SD Alam Lukulo Kebumen menggunakan model kurikulum spider web dengan menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan seluruh mata pelajaran dilakukan dengan mengutamakan praktik, pengalaman, keteladanan dan pembiasaan dengan mengaitkan budaya local yang ada. Pembelajaran didukung dengan kegiatan sebagai berikut: outbond, outing, backpeker, live in, berkebun, shalat dhuha sebelum pembelajaran, shalat berjamaah, menerapkan adab dan akhlak yang baik pada kegiatan aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...