Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Kiprah Pendidikan | Januari 2023

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Fitri Maharani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau)
Erlisnawati (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau)
Mahmud Alpusari (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pada penelitian ini jenis pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk penelitian ini Pre Experimental dengan desain penelitian One-Group-Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD IT Humairoh 2 Pekanbaru sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan aplikasi Quizizz sebagai alat evaluasi atau penilaian setiap akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan pada data pretest memperoleh rata-rata 50.00 dan hasil posttest adalah 82.80. Perhitungan uji hipotesis memperoleh hasil sig (2-tailed) 0.000 < 0.05 yang menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV sekolah dasar. Berdasarkan hasil uji N-Gain didapatkan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 64.0% yang termasuk pada kategori efektif. Kemudian untuk melihat seberapa besar pengaruh yang diberikan dihitung dengan uji Koefisien Determinasi (R-Square) diperoleh hasil sebesar 0.524%. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...