Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Kiprah Pendidikan | Januari 2023

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL UNTUK MATA KULIAH BARTENDING

Sevi Suryani (Universitas Negeri Jakarta)
Nurlaila Abdullah Mashabi (Universitas Negeri Jakarta)
Mulyati (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul untuk Mata Kuliah Bartending ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berupa e-Modul untuk mata kuliah Bartending dan menguji kelayakan media yang telah dikembangkan pada program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga khususnya konsentrasi Akomodasi Perhotelan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dan menghasilkan produk media pembelajaran berupa e-modul yang mencakup materi teori, yaitu Konsep Bar, Klasifikasi dan Struktur Organisasi Bar, Bar Layout, dan Beverages. Kelayakan e-modul ini dilihat berdasarkan hasil uji validitas dan uji praktikalitas oleh subjek penelitian, yakni Ahli Materi, Ahli Media, serta responden yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Konsentrasi Akomodasi Perhotelan. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji validitas oleh Ahli Materi sebesar 92,9%, hasil uji validitas oleh Ahli Media sebesar 95% , hasil uji perorangan oleh mahasiswa sebsar 95,6%, dan hasil uji coba kelompok kecil oleh mahasiswa sebesar 94,1% yang disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Modul untuk Mata Kuliah Bartending ini dinyatakan Sangat Layak dan Sangat Praktis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...