Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 12, No 1 (2023)

Students’ Errors in Solving Matrix Multiplication Problems Based on Kastolan Theory

Kartini Kartini (Universitas Riau)
Tuti Alawiyah (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

AbstrakMatriks merupakan salah satu materi yang diajarkan di sekolah. Namun kebanyakan siswa masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal materi matriks terutama pada perkalian matriks. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal perkalian matriks untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian matriks. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 28 siswa kelas XI SMK Perpajakan Riau tahun ajaran 2021/2022. Analisis kesalahan siswa dilihat berdasarkan teori Kastolan yang terdiri dari kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik. Hasil analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian matriks menunjukkan bahwa sebanyak 47,9% siswa melakukan kesalahan konseptual, 16,4% melakukan kesalahan prosedural, dan sebanyak 35,6% siswa melakukan kesalahan teknik. AbstractMatrix is one of the materials taught in schools. However, most students still make mistakes in solving matrix material problems, especially in matrix multiplication. Therefore, it is necessary to analyze the errors made by students in working on matrix multiplication problems to increase the effectiveness of learning. The purpose of this study was to analyze the students’ errors in solving matrix multiplication problems. This descriptive qualitative study collected the data by utilizing test and interview techniques. The participants consisted of 28 students of class XI of the Riau Taxation Vocational School for the 2021/2022 academic year. Analysis of student errors was based on Kastolan's theory which encompassed conceptual errors, procedural errors, and technical errors.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mosharafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2086-4280 & e-ISSN: 2527-8827) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...