JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 5 No 3 (2022): JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) November 2022

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING

Hestu Tansil La’ia (Universitas Nias Raya)
Sesuaikan Sarumaha (Universitas Nias Raya)
Maria Magdalena Duha (Universitas Nias Raya)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mena dibasiskan dengan model pembelajaran kooperatif discovery learning. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam proses pengembangan yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning pada Materi Trigonometri valid, praktis dan efektif untuk dijadikan sebagai bahan ajar matematika di SMK Swasta BNKP Daro-daro. Berikut kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini. Kevalidan modul dilihat dari hasil validasi oleh tim ahli yaitu ahli media dan ahli bahasa Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning pada Materi Trigonometri valid. Rata-rata nilai persentase dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa diperoleh 74,33% dengan kriteria valid. Kepraktisan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning pada Materi Trigonometri praktis untuk digunakan. Rata-rata nilai persentase dari angket respon siswa uji coba terbatas diperoleh 60% dengan kriteria sangat praktis. Rata-rata nilai persentase dari angket respon siswa uji coba lapangan diperoleh 71,79% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tes belajar siswa, maka Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning pada Materi Trigonometri sangat efektif untuk digunakan. Hasil keefektifan untuk uji coba terbatas diperoleh skor dengan persentase 79,66% dengan kategori efektif dan hasil keefektifan untuk uji coba lapangan diperoleh skor dengan persentase 74,8% dengan kategori efektif

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...