Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mena dibasiskan dengan model pembelajaran kooperatif discovery learning. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam proses pengembangan yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning pada Materi Trigonometri valid, praktis dan efektif untuk dijadikan sebagai bahan ajar matematika di SMK Swasta BNKP Daro-daro. Berikut kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini. Kevalidan modul dilihat dari hasil validasi oleh tim ahli yaitu ahli media dan ahli bahasa Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning pada Materi Trigonometri valid. Rata-rata nilai persentase dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa diperoleh 74,33% dengan kriteria valid. Kepraktisan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning pada Materi Trigonometri praktis untuk digunakan. Rata-rata nilai persentase dari angket respon siswa uji coba terbatas diperoleh 60% dengan kriteria sangat praktis. Rata-rata nilai persentase dari angket respon siswa uji coba lapangan diperoleh 71,79% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tes belajar siswa, maka Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning pada Materi Trigonometri sangat efektif untuk digunakan. Hasil keefektifan untuk uji coba terbatas diperoleh skor dengan persentase 79,66% dengan kategori efektif dan hasil keefektifan untuk uji coba lapangan diperoleh skor dengan persentase 74,8% dengan kategori efektif
Copyrights © 2022