Jurnal Pendidikan DEIKSIS
Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan DEIKSIS

KEMAMPUAN LITERASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MULTIMODAL DI KELAS X SMA N 2 BANGLI

I Nengah Sueca (ITP Markandeya Bali)
Jero Balian Alitan Santi Purnama Dewi (ITP Markandeya Bali)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)kemampuan literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis multimodal, (2) kemampuan menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa indonesia berbasis multimodal di kelas X SMA N 2 Bangli. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XD SMA N 2 Bangli yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan pada penlitian ini berupa analisis deskriptif kuantitatif . hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kemampuan literasi membaca dalam pelajaran Bahasa indonesia bebrbasis multimodal di kelas X SMA N 2 Bangli tergolong baikdengan skor rata-rata sebesar 74,59, (2) Kemampuan literasi menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis multimodal di kelas X SMA N 2 Bangli tergolong baikdengan skor rata-rata siswa sebesar 77,53.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

deiksis

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Deiksis merupakan media publikasi dari hasil penelitian dengan focus dan scope pada penelitian tentang bahasa, sastra, dan pendidikan bahasa dan sastra di Indonesia. Penggunaan Deiksis sebagai nama jurnal ilmiah diilhami dari istilah deiksis dalam ilmu linguistik yang berarti ...