JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Analisis Psikologi Tokoh Wanita dalam Novel High School Examen Karya Ramdiany. N dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Ashvia Fitri Ristianti (Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal)
Agus Riyanto (Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal)
Wahyu Asriyani (Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud psikologi dan karakter dari tokoh utama dalam novel dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pemebelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang dipakai yaitu teknik baca dan catat. Analisis data menggunakan metode deskriptif, sehingga penyajiannya menggunakan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikologi tokoh utama berdasarkan teori sigmund freud tercatat sebanyak 28 penggalan teks dalam novel yang semuanya terdiri dari teknik baca dan catat yang meliputi: id sebanyak 13 data, ego sebanyak 7 data, serta super ego sebanya 8 data. Hasil penelitian dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XI semester genap dengan kompetensi dasar 3.20 menganalisis pesan dari dua buku fiksi yaitu novel dan kumpulan puisi dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...