JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pola Interaksi Sosial Kelompok Perempuan Salafi Pondok Pesantren Salafiyah Luqmanul Hakim di Kota Medan

Saydinni Ainun (Sosiologi Agama Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Faisal Riza (Sosiologi Agama Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rholand Muary (Sosiologi Agama Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi sosial kelompok perempuan Salafi pondok pesantren Salafiyah Luqmanul Hakim di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan desktiptif. Adapun teori yang digunakan adalah teori interaksi sosial Gillin Gillin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk interaksi sosial perempuan Salafi Pondok Pesantren Salafiyah Luqmanul Hakim terdapat dua proses interaksi sosial yaitu asosiatif dan disosiatif. Pola interaksi asosiatif yaitu kerjasama yang dilakukan oleh santri Pondok Pesantren Salafiyah Luqmanul Hakim adalah menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan. Akomodasi yang terjadi pada santri Pondok Pesantren Salafiyah Luqmanul Hakim adalah terkait tentang pengurusan jenazah, dimana paham yang diterapkan oleh santri berbeda dengan kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Asimilasi yang terjadi pada santri Pondok Pesantren Salafiyah Luqmanul Hakim melalui berbagai kegiatan yang dijadikan wadah dalam menyampaikan dan mengajarkan pemahaman tentang agama sehingga masyarakat yang pada awalnya memiliki pandangan negatif kepada santri Pondok Pesantren Salafiyah Luqmanul Hakim perlahan mulai dapat menerima dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh santri bahkan banyak masyarakat yang turut ikut kedalam kelompok santri Pondok Pesantren Salafiyah Luqmanul Hakim. Pada proses disosiatif terdapat 3 proses interaksi yaitu persaingan, kontroversi, dan pertentangan. Pada proses interaksi antara santri dengan masyarakat tidak ada persaingan, perselisihan dan pertentangan yang terjadi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...