Penelitian ini menfokuskan kajian tentang pengembangan manajemen kewirausahaan dalam meningkatkan lulusan sekolah menengah kejuruan (1) Bagaimana pembinaan jiwa kewirausahaan kepada siswa dalam mengembangkan wirausaha (2) Bagaimana pengembangan manajemen kewirausahaan di SMK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, yakni pemahaman dan penafsiran secara mendalam dan natural tentang makna dari fenomena yang ada dilapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kewirausahaan, tim pengembang kewirausahaan, dan peserta didik. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan pencermatan dokumen. Analisis data dilakukan dengan model dari Miles dan Huberman, yang meliputi langkah-langkah kegiatan : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Upaya dalam mewujudkan proses pembinaan jiwa kewirausahaan di SMK, mengunakan strategi yang menunjang, antara lain: a. Penanaman sikap dan perilaku wirausahawan, b. Penugasan, dan pendampingan, c. Guru mengunakan metode penugasan, dan pengalaman langsung d. Membuka wawasan atau mengunjugi perusahaan. (2) Pengembangan manajemen kewirausahaan di SMK diartikan sebagai proses kegiatan manajemen seperti : a. Perencanaan, b. Pengorganisasian, c. Menggerakkan, d. Pengawasan, telah memenuhi standar proses manajemen yang baik karna adanya kelengkapan program dan pasilitas yang menunjang Kata Kunci: Pengembangan Manajemen Kewirausahaan, Lulusan Sekolah, Manajemen Sekolah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021