Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan
Vol. 8 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan

Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris anak Menggunakan Possible Sentence (PS) Strategy

Akriani, Wiwit (Unknown)
Nur Atikah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Meningkatkan Pencapaian Kosakata Siswa Melalui Strategi Kalimat yang Mungkin (PS) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V 37 Kaur Tahun Ajaran 2020/2021). Penelitian ini menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Responden penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Kaur tahun pelajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kosakata, observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada siswa. Hasil tersebut membuktikan bahwa strategi Possible Sentence (PS) dapat meningkatkan tes Kosa kata siswa pada siswa kelas VII SMPN 6 Kaur Tahun Ajaran 2020/2021. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai tes yang dilakukan siswa dan perkembangan perilaku siswa di kelas. Nilai rata-rata siswa pada tes prapenilaian adalah (61) yang termasuk dalam kategori “Sedang”; dan nilai rata-rata tes siklus III adalah (76,86) yang termasuk dalam kategori “Baik”. Kemudian perilaku siswa dalam belajar bahasa Inggris juga meningkat. Siswa terlihat diam, serius, dan ceria dalam proses belajar mengajar, sangat menikmati kelas, berpartisipasi dengan baik dalam kelompok belajar. Artinya siswa memiliki interaksi yang baik dengan guru dan siswa lain di dalam kelas. Selain itu motivasi belajar siswa semakin baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Education, which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of Islamic Education, Education Policy, Learning ...