Borneo Journal of Islamic Education
Vol 1 No 1 (2021): Borneo Journal of Islamic Education, 1 (1), Mei 2021

Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru PAI terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Samboja

Hidayatullah, Roby (Unknown)
Husin, Muhammad Said (Unknown)
Razak, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2021

Abstract

Berbicara tentang pendidikan masih banyak terdapat kendala atau permasalahan baik didalam maupun diluar kelas. Menurut pengamatan peneiliti salah satu faktor yang menimbulkan kendala tersebut yaitu belum maksimalnya dalam menerapkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam, yang menimbulkan kurangnya minat bahkan motivasi ketika guru pendidikan agama islam menjelaskan pembelajaran didalam maupun diluar kelas. Menurut peneliti kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional lebih mengarah ke proses perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas maupun diluar kelas dilihat dari pengeratianya dan indikatornya, dari pada kompetensi yang lainya sehingga bisa dikatakan berhubungan dengan permasalahan yang teliti temukan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI terhadap motivasi belajar siswa meningkatkan motivasi belajar . Selanjutnya penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara varsial dan simultan berpengaruh terhadap motivasi belajar.Metode penelitian yang digunakan adalah deskripitif kuantitatif, dengan sampel sebanyak 81 responden. Tekhnik pengumpulan sampel ini menggunakan rumus slovin yang awalnya berjumlah 420 responden menjadi 81 responden. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, angket dan dokumentasi. Tekhnik keabsahan data menggunakan uji validitas, uji realibilitas sedangkan untuk tekhnik analisis data menggunakan uji korelasi, uji asumsi klasik, uji regresi liniear berganda dengan menggunakan uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dengan menggunakan program SPSS 21 mendapatkan hasil dari uji koefisien determinasi sebesar 0,776 yang berarti 76,7 % variabel Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Motivasi Belajar Hasil linear regresi berganda yang menunjukkan persamaan Y = 11.082+ 2,854 X1 + 3,886 X2 + e. dan nilai ttabel penelitian ini (α = 5 % ) adalah 1,990 dari variabel Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional yang memiliki pengaruh terhadap variabel Motivasi Belajar adalah variabel Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional. Sedangkan untuk uji F didapatkan nilai Fhitung 140.397 > Ftabel 3,110. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variavel kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bersama-sama (silmultan) berpengaruh signifikan terhadap variabel motivasi belajar Y.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bjie

Publisher

Subject

Arts Chemistry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Borneo Journal of Islamic Education (e-2775-6548) is the Journal published by Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in the fields of Islamic Education. The publication of an article in Borneo Journal of Islamic Education is ...