Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi permainan tradisional dalam menstimulus kemampuan sosial pada anak kelompok B di TK Melati 2 Samboja serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian implementasi permainan tradisional dalam menstimulus kemampuan sosial pada anak kelompok B di TK Melati 2 Samboja dilakukan melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada perencanaan, guru mempersiapkan RPPM, pijakan sebelum bermain dengan menyampaikan langkah-langkah sebelum bermain seperti menyampaikan kesepakatan terkait cara memilih permainan dan kelompok bermain. Pada pelaksanaan guru melakukan penerapan permainan tradisional secara berkelompok, guru juga melakukan beberapa permainan seperti ular naga, bakiak, dan engklek/asinan. Pada evaluasi guru melakukan penilaian ceklist terhadap anak. Pada faktor penghambat yaitu dimana saat permainan dijadwalkan beberapa murid tidak hadir dan faktor pendukung yaitu alat bermain yang digunakan sangat mudah didapat dan permainan yang dilakukan juga menyenangkan sehingga mudah diterima anak.
Copyrights © 2022