BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal
Vol 1 No 2 (2022): BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, July 2022

Implementasi Permainan Tradisional dalam Menstimulus Kemampuan Sosial

Malik, Lina Revilla (Unknown)
Saugi, Wildan (Unknown)
Montika, Reza (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi permainan tradisional dalam menstimulus kemampuan sosial pada anak kelompok B di TK Melati 2 Samboja serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian implementasi permainan tradisional dalam menstimulus kemampuan sosial pada anak kelompok B di TK Melati 2 Samboja dilakukan melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada perencanaan, guru mempersiapkan RPPM, pijakan sebelum bermain dengan menyampaikan langkah-langkah sebelum bermain seperti menyampaikan kesepakatan terkait cara memilih permainan dan kelompok bermain. Pada pelaksanaan guru melakukan penerapan permainan tradisional secara berkelompok, guru juga melakukan beberapa permainan seperti ular naga, bakiak, dan engklek/asinan. Pada evaluasi guru melakukan penilaian ceklist terhadap anak. Pada faktor penghambat yaitu dimana saat permainan dijadwalkan beberapa murid tidak hadir dan faktor pendukung yaitu alat bermain yang digunakan sangat mudah didapat dan permainan yang dilakukan juga menyenangkan sehingga mudah diterima anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bocah

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal (Online ISSN: 2807-7857; Print ISSN: 2807-9078) is an Early Childhood Journal published by Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in the fields of Early Childhood. ...