Indonesian journal of teaching and learning
Vol. 1 No. 1 (2022)

UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU PADA KOMPETENSI PEDAGOGIK DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH MTS DI JAKARTA BARAT

Eliza Andayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran obyektif dari gaya kepemimpinan demokratis Kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru pada kompetensi pedagogik. Penelitian ini menggunakan adalah penelitian survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian survei yang dimaksud adalah yang bersifat menjelaskan hubungan kausal dan pengujian hipotesis. Pada penelitian ini disebar kuisioner mengenai pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja guru dan populasinya adalah guru madrasah tsanawiyah di Kota Jakarta Barat. Selanjutnya dilakukan observasi dan hasil analisis data selanjutnya menjadi dasar untuk menghasilkan kesimpulan penelitan. Dari hasil ana-lisis diperoleh Terdapat pengaruh langsung dan positif kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y) dengan kontribusi sebesar 59,7%. Terdapat pengaruh langsung dan positif kompetensi pedagogik guru (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan konstribusi sebesar 79,9%. Terdapat pengaruh langsung dan positif kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap kompetensi pedagogik guru (X2) dengan konstribusi sebesar 38%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

intel

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) is a national journal in the fields of: 1. Education 2. Teaching and learning 3. Evaluation 4. Management in formal/non-formal ...