Jurnal Pengabdian Ahmad Yani
Vol. 2 No. 2 (2022): December

Digitalisasi Kios Sembako Masa Pandemi Covid-19 Di Pasar Kaget Koya Barat - Kota Jayapura, Papua

Ilham (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Cenderawasih Jayapura)
Dorthea Renyaan (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Cenderawasih Jayapura)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Kegiatan ini bertajuk Digitalisasi Kios Sembako Masa Pandemi Covid-19 Di Pasar Kaget, Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Adapun sasaran kegiatan adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang bergerak pada bidang usaha dagang sembako. Pemilihan mitra difokuskan pada Kios Gilireng yang notabene masih terbilang baru dioperasikan di tengah merebaknya penyakit Covid-19 di Indonesia. Metode yang digunakan melalui sosialisasi dan pendampingan kaitannya dengan penerapan strategi pemasaran berbasis media sosial [social media marketing] dengan memanfaatkan beragam fitur media sosial, seperti; facebook, instagram dan WhatsApp Business. Pengenalan dompet digital DANA turut dilakukan sebagai peluang usaha tambahan di masa pandemi Covid-19 dengan membuka jasa layanan penjualan token listrik prabayar, pulsa, paket telpon dan internet, top up, serta layanan transfer uang. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa penerapan social media marketing mampu meningkatkan omzet penjualan Kios Gilireng, termasuk penggunaan dompet digital sebagai peluang usaha tambahan semasa pandemi Covid-19 yang bertabur kebijakan, salah satunya pembatasan gerak aktivitas manusia. Sebagai catatan penutup, ketika gerak manusia harus dibatasi maka dengan mengadaptasikan kemajuan teknologi digital dalam kegiatan pemasaran menjadi solusi tepat, efektif dan efisien untuk tetap survive pada masa pandemi Covid-19.

Copyrights © 2022