E-JUPEKhu
Vol 11, No 1 (2023)

Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Gangguan Spektrum Autisme (GSA) Melalui Pendekatan Picture Exchange Communication System (PECS)

Melinda Sri Wahyuni (Universitas Negeri Padang)
Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang, terdapat siswa autisme berusia 10 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pendekatan picture exchange communication system (PECS) dalam meningkatkan kemampuan bahasa reseptif pada anak gangguan spektrum autisme di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A - B - A. Pengumpulan data pada kondisi baseline (A) secara kontiniu selama 4 kali pertemuan, memberikan intervensi dengan menggunakan pendekatan picture exchange communication system (PECS) (B) dilaksanakan selama 7 kali pertemuan, serta kondisi baseline yang kedua (A2) selama 4 kali pertemuan. Variabelnya dianalisis menggunakan persentase. Hasil analisis kemampuan bahasa reseptif dengan bantuan pendekatan picture exchange communication system (PECS). Pada baseline (A) dengan mean level 35. Kemudian pada kondisi intervensi (B) dengan mean level 60 dan kondisi baseline A2 dengan kemampuan anak meningkat dengan mean level 95. Dari data yang didapat dari penelitian ini, menunjukkan pendekatan picture exchange communication system efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif pada anak gangguan spektrum autism di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...