EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023): February

Pengaruh Psikoedukasi Online terhadap Pengetahuan tentang Aplikasi dan Sertifikasi Psikolog Sekolah

Novita Maulidya Jalal (Universitas Negeri Makassar)
Eka Damayanti (Universitas Negeri Islam (UIN) Alauddin Makassar)
Amirah Aminanty Agussalim (Universitas Negeri Makassar)
Nurhaerani Haeba (Universitas Negeri Makassar)
Eva Meizara Puspita Dewi (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi yang diberikan secara online terhadap pengetahuan subjek tentang aplikasi psikolog sekolah dan sertifikasi psikolog di sekolah. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 75 subjek dengan kriteria ilmuwan psikologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen quasi yang berupa One Group Pre test-Post test Design. Instrumen pengukuran berupa kuisioner yang diberikan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) pemberian intervensi psikoedukasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan pada subjek setelah mengikuti psikoedukasi secara online, dimana 17% subjek mengalami peningkatan pengetahuan pada kategori sangat mendalam, 60% mengalami peningkatan pengetahuan pada kategori mendalam. Sebaliknya, Jumlah subjek yang menyatakan cukup mendalami pengetahuan menurun sebesar 13%, subjek yang menyatakan tidak mendalami pengetahuan menurun sebesar 60%, subjek yang menyatakan sangat tidak mendalami pengetahuan menurun 4%.Sehingga dapat disimpulkan, bahwa psikoedukasi online berpengaruh pada peningkatan pengetahuan subjek tentang aplikasi psikolog sekolah dan sertifikasi psikolog di sekolah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...