Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Literasi Numerasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematika Pada Siswa Kelas V dengan memperhatikan hasil pretest dan posttes kemampuan berfikir kreatif dan komunikasi matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh variable independen (treatment/perlakuan) terhadap variable dependen (hasil) dalam kondisi yang terkendalikan. Bentuk desain penelitian eksperimen yang dilaksanakan adalah menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control grup design. Pada desain ini terdapat dua kelompok yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas control. Populasi penelitian ini Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Pertiwi Makassar tahun pelajaran 2020/2021 dengan sampel 56 siswa kelas V SD Pertiwi Makassar. Teknik penggambilan sampel menggunakan Cluster Random sampling. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan soal pretest, posttes dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisa dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas lalu uji Uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dan uji analysis variansi multivariat (Manova). Hasli penelitia ini menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Literasi Numerasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematika Pada Siswa Kelas V SD Pertiwi Makassar, efektif untuk diterapkan Berdasarkan pengambilan keputusan uji hipotesis, H0 ditolak dan H1 diterima apabila nilai signifikasi (2-tailed) yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 dan begitu juga sebaliknya. Berdasarkan hasil uji analysis variansi multivariat menggunakan SPSS versi 23, nilai signifikasi sebesar 0,00 < 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, di karenakan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05.
Copyrights © 2023