Jambura Journal of Educational Management
VOLUME 4 NOMOR 1 MARET 2023

Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Literasi Numerasi Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Komunikasi Matematika

Muhammad Ruslam (said)
Agustan Syamsuddin (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Sulfasyah Sulfasyah (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Literasi Numerasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematika Pada Siswa Kelas V dengan memperhatikan hasil pretest dan posttes kemampuan berfikir kreatif dan komunikasi matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh variable independen (treatment/perlakuan) terhadap variable dependen (hasil) dalam kondisi yang terkendalikan. Bentuk desain penelitian eksperimen yang dilaksanakan adalah menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control grup design. Pada desain ini terdapat dua kelompok yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas control. Populasi penelitian ini Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Pertiwi Makassar tahun pelajaran 2020/2021 dengan sampel 56 siswa kelas V SD Pertiwi Makassar. Teknik penggambilan sampel menggunakan Cluster Random sampling. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan soal pretest, posttes dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisa dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas lalu uji Uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dan uji analysis variansi multivariat (Manova). Hasli penelitia ini menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Literasi Numerasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematika Pada Siswa Kelas V SD Pertiwi Makassar, efektif untuk diterapkan Berdasarkan pengambilan keputusan uji hipotesis, H0 ditolak dan H1 diterima apabila nilai signifikasi (2-tailed) yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 dan begitu juga sebaliknya. Berdasarkan hasil uji analysis variansi multivariat menggunakan SPSS versi 23, nilai signifikasi sebesar 0,00 < 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, di karenakan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jjem

Publisher

Subject

Other

Description

Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for ...