Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 1 (2023)

Pelaksanaan Prinsip Pembelajaran di Masa Belajar dari Rumah: Studi Kasus pada Model Sentra

Rohita Rohita (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia)
Dewi Asnawiyah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2023

Abstract

Prinsip pembelajaran merupakan panduan bagi guru dalam memberikan layanan pendidikan untuk anak usia dini. Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan pelaksanaan prinsip pembelajaran tersebut pada lembaga dengan model pembelajaran sentra terutama di masa belajar dari rumah. Subjek penelitian berjumlah 4 orang guru pada sentra Bahan Alam, Bermain Peran, Balok, dan Kreasi dan Olah Tubuh. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui oberservasi, wawancara, dan dokumentasi dengan model Miles and Hubberman sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama masa pandemi, seluruh prinsip pembelajaran yang berjumlah 12 prinsip tetap dilaksanakan, namun 4 diantaranya tidak dapat dilaksanakan secara maksimal, yaitu prinsip bermain sambil belajar, berorientasi pada perkembangan anak, berorientasi pada kebutuhan anak, serta berpusat pada anak. Demikian pula dengan model pembelajaran sentra yang tidak dapat diterapkan optimal karena bentuk pembelajaran daring yang mengharuskan anak melakukan kegiatan yang sama pada waktu yang sama dengan instruksi dari seorang guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...