Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 2 No. 10 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Kreativitas Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Kolase Eceng Gondok Masa Pandemi di TK Permata

Rusmiati Rusmiati (Universitas Panca Sakti, Bekasi)
Rhoma Iskandar (Universitas Panca Sakti Bekasi)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Latar Belakang: Pembelajaran kreativitas sebagai sebuah bentuk pembelajaran, yang dapat membantu menjelaskan dan menginterpretasikan konsep-konsep abstrak dengan melibatkan keterampilan keingintahuan juga kemampuan untuk menemukan, eksplorasi, pencarian kepastian dan antusiasme, yang semuanya merupakan kualitas-kualitas yang sangat besar yang terdapat pada anak usia 5-6 tahun. Tujuan: Mengevaluasi masa pembelajaran yang dilakukan dari rumah melalui kolase tanaman eceng gondok. Metode: Menggunakan    metode    observasi    selama    proses pembelajaran serta menggunakan jenis/pendekatan penelitian  yang  berupa  penelitian  kepustakaan (library  research),  dan selanjutnya penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil: Hasil pengujian penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar anak dapat dipengaruhi oleh gambar-gambar yang menarik, meskipun dengan situasi dan kondisi masih dalam masa pandemi. Kesimpulan: Kreativitas pembelajaran anak usia dini dapat diterapkan dengan melakukan melalui pembelajaran kolase tanaman eceng gondok sehingga kualitas keterampilan anak menjadi lebih baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...