Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 2 No. 12 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Kreatif Roda pada Materi Segiempat di Kelas VII SMP Kristen Batuputih

Eduard Kdise (a:1:{s:5:"en_US"
s:45:"Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika"
})

Samuel Urath (Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki)
Cartes Asbit Rangotwat (Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki)
Mesak Ratuanik (Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Latar Belakang: Matematika adalah ilmu bilangan dan ruang, bahasa simbol, bahasa bilangan, ilmu abstraksi dan deduksi. Matematika adalah metode berpikir logis, hubungan antar pola, bentuk dan struktur, dan matematika adalah ilmu ratunya sains, juga merupakan pelayan dari pengetahuan lainnya. Tujuan: Untuk mengetahui pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran kreatif roda untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segiempat di kelas VII SMP Kristen Batuputih Kecamatan Wermaktian Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang berjumlah 17 siswa. Metode: Menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel umumnya acak, pengumpulan data dilakukan dengan instrumen penelitian, dan digunakan analisis data kuantitatif atau statistik. untuk menguji hipotesis. Hasil: Menunjukan bahwa adanya peningkatan pada materi segiempat untuk kelas VII SMP Kristen Batuputih dengan menggunakan media pembelajaran matematika kreatif roda. Kesimpulan: Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika khususnya pada materi segiempat dengan menerapkan media pembelajaran kreatif roda di kelas VII SMP Kristen Batuputih dapat dikatakan berhasil. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil nilai akhir yaitu: dari 17 orang siswa, 4 orang siswa berada pada kategori “sangat baik”.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...