Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPTS)
Vol. 4 No. 2 (2022): November

Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Microsoft Teams Dimasa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah Kelas X DPIB Semester Gasal Tahun Ajaran 2021/2022 di SMK Negeri 2 Wonogiri

Haryanto, Lilik (Unknown)
Murti, Maricha Husada (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran jarak jauh menggunakan Microsoft Teams dimasa pandemi covid-19 pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah kelas X DPIB semester gasal tahun ajaran 2021/2022 di SMK Negeri 2 Wonogiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif kuantitatif.            Hasil penelitian: (1) kesiapan guru masuk dalam kategori "Baik" dengan skor rerata 93; (2) kesiapan siswa masuk dalam kategori "Hampir Baik" dengan skor rerata 75; (3) kesiapan sarana dan prasarana yang menunjang guru dan siswa masuk dalam kategori "Baik" dengan skor rerata 95 untuk guru dan masuk dalam kategori "Hampir Baik" dengan skor rerata 75 untuk siswa; (4) perencanaan pembelajaran masuk dalam kategori "Baik" dengan skor rerata 96 untuk guru dan masuk dalam kategori "Hampir Baik" dengan skor rerata 80 untuk siswa; (5) pelaksanaan pembelajaran masuk dalam kategori "Baik" dengan skor rerata 88 untuk guru dan masuk dalam kategori "Hampir Baik" dengan skor rerata 77 untuk siswa; (6) evaluasi pembelajaran masuk dalam kategori "Hampir Baik" dengan skor rerata 70 untuk guru dan 77 untuk siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpts

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JPTS (Journal of Civil Engineering Education) is a journal of research results and scientific studies in the field of Engineering or Vocational/Civil Vocational Education. The Civil Engineering Education Journal is published twice a year, every June and November. Journal of Civil Engineering ...