Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hasil belajar Matematika tentang hubungnan antar garis melalui pendekatan pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas IVb SD Inpres Tantu tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVb SD Inpres Tantu kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 13 Perempuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan adalah a) tahap perencanaan, b) tahap pelaksanaan tindakan, c) tahap observasi, dan d) tahap refleksi. Banyaknya siswa yang mencapai KKM Matematika pada siklus II ≥ 85% dari banyaknya siswa yang tuntas yaitu sebanyak 18 siswa atau 85.71% dari jumlak siswa yang ada sebanyak 21 siswa kelas IVb SD Inpres Tantu. Keaktifan siswa selama diterapkannya pendekatan pembelajaran Quantum Teaching meningkat, ditandai dengan adanya keseriusan dan perhatian siswa selama mengikuti proses belajar mengajar yang berlangsung.
Copyrights © 2022