Penelitian ini mengelaborasi pengaruh kepribadian dan kewibawaan guru terhadap kerajinan belajar siswa. Tujuan penelitian ini ada empat yakni (1) untuk mengetahui kepribadian guru dan kewibawaan guru, (2) untuk mengetahui tingkat kerajinan belajar siswa, (3) untuk mengetahui Pengaruh Kepribadian dan Kewibawaan Guru Terhadap Kerajinan Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian assosiatif; Teknik pengujian datanya dilakukan dengan uji korelasi parsial masing-masing hubungan antar variabel kemudian dilanjutkan dengan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepribadian guru dan kewibawaan guru di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang memiliki kategori sangat tinggi karena nilai rata yang diperoleh dari persepsi kewibawaan guru Madrasah Aliyah Negeri Pinrang adalah 87,00. Kerajinan belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang adalah 84,00 maka dapat disimpikan dalam kategori tinggi. Kemuadian, pengaruh kepribadian dan kewibawaan guru terhadap kerajinan belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Pinrang tergolong signifikan karena Fhitung = 11,257 ≥ Ftabel(57) = 2,660.
Copyrights © 2022