Al-Irsyad Journal of Physics Education
Vol 2 No 1 (2023): Januari 2023

ANALISIS HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MAN PINRANG

Idamayanti, Reski (Unknown)
Nirmala, Sri (Unknown)
Afdalia, Afdalia (Unknown)
Muhardi, Muhardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kedisiplinan belajar, gambaran hasil belajar fisika dan untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar fisika Siswa kelas XI MAN Pinrang. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan proporsional random sampling dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Yamanen dari populasi yang ada, dari populasi yang ada, sehingga sampel penelitian ini ditentukan sebanyak 34 siswa dari 131 siswa sebagai populasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif korelasional dengan pendekatan expost facto dan survey. Analisis yang digunakan adalah analisi deskriptif dan analisi korelasi sederhana untuk mengetahui hubungan antara dua variabel dan mengetahui arah hubungan yang terjadi. Hasil variabel kedisiplinan pada 40 item soal angket berkategori valid, nilai cronbach’s Alpha X sebesar 0,946 yang berarti bahwa pada instrumen adalah reliabel. Deskripsi analisis deskriptif secara numerik pada nilai Mean sebesar 60,06, Median sebesar 63,50, Mode sebesar 74, Std. Deviation sebesar 11,58, Variance 134,06, Range sebesar 44, Minimum sebesar 30, dan nilai Maximum sebesar 74. Tingkat keeratan hubungan kedisiplinan terhadap hasil belajar sebesar 0,929 maka dapat dikatakan kedisiplinan memiliki tingkat hubungan berada pada kategori berkorelasi sempurna terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAN Pinrang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Al-Irsyad Journal of Physics Education (IJPE), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan Fisika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...